Begini Nih Cara Bongkar Speedometer Yamaha Scorpio

Cara Bongkar Speedometer Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, sekitar dua bulan lalu sepasang baut yang terpasang di bagian bawah jarum speedometer milik redtoblack lepas, tidak tau penyebabnya apa, tiba-tiba saja lepas. Awalnya hanya satu baut saja yang lepas, namun beberapa hari kemudian keduanya lepas. Kalau tidak salah ingat, lepasnya baut ini dimulai setelah rtb mengganti kabel rpm yang rtb ceritakan di artikel iniĀ . Awalnya rtb kira untuk membongkar speedometer redtoblack (Yamaha New Scorpio Z) itu susah dan ribet, namun ternyata tidak, begini nih cara bongkar speedometer Yamaha Scorpio.

Baut yang lepas ini sempat rtb biarkan karena memang belum ada waktu untuk bongkar, selain itu dugaan rtb jika membongkarnya bakalan ribet membuat rtb urung membongkar sendiri. Namun Minggu 1 April 2018 akhirnya rtb coba untuk bongkar sendiri, kalau toh ternyata tidak bisa setidaknya rtb sudah mencoba memastikannya sendiri. Dan ternyata, tak terlalu susah kok mas bro gan sob, untuk cara membongkarnya simak artikelnya sampai habis ya!

Cara Bongkar Speedometer Yamaha Scorpio

Untuk melepas speedometer dari dudukannya pertama rtb lepas dulu kupingan headlamp menggunakan kunci L ukuran 5, tak lupa lepaskan kabel sein agar sein dan kupingan bisa dilepas dan tidak menggangu proses bongkar selanjutnya. Setelah sein dan kupingan dilepas, dilanjutkan melepas visor dan headlampnnya dengan menggunakan kunci pas/ring/sok ukuran 8. Untuk melepas headlamp ada 3 baut ukuran 8 yang harung dilepaskan, posisinya satu di sebelah kiri, satu kanan dan satu dibawah, yang digunakan untuk mengatur ketinggian sorot lampu. Selesai melepas headlamp, tinggal melepas socket lampu utama dan lampu senja, beres headlamp bisa dilepas dari tempatnya.

Lanjut untuk melepas kabel rpm dan kabel speedometer, untuk melepasnya cukup menggunakan tang saja trus dilanjut putar pakai tangan bisa. Setelah itu tinggal melepas dua socket kabel warna putih dan biru serta satu kabel kuning, apabila sudah terlepas semua bisa dilanjutkan melepas mur dudukan dari speedometernya. Untuk melepas mur dudukan ini bisa menggunakan kunci ring atau kunci pas ukuran 8, saran rtb lebih baik menggunakan kunci ring yang ada lekukannya, karena posisi murnya sedikit susah dijangkau dan hanya bisa dijangkau dengan kunci secara miring. Sampai disini rtb sudah bisa mengangkat speedometer dan melepas dari posisinya. Tinggal dilanjutkan membuka covernya.

Speedometer Yamaha New Socrpio Z ini ada dua covernya, cover atas dan cover bawah. Untuk membongkarnya cukup menggunakan obeng dengan ujung yang agak kecil. Sebelum membuka kedua cover ini jangan lupa untuk melepas knob pemutar trip meter yang ada dibagian kiri spedoometer, untuk membuka knob ini gunakan obeng plus kecil yang muat dimasukkan kedalam lubang knobnya. Karena baut penguncinya ada ditengah lubang knob tersebut. Apabila knob sudah bisa dilepas baru deh lanjut kelangkah berikutnya.

Pertama buka dulu cover bagian bawah dengan melepas tiga buah baut dengan obeng plus ukuran kecil. Selesai melepas cover bawah, bisa dilanjutkan melepas besi dudukan speedometer dengan menggunakan kunci ring/pas/kunci T ukuran 8, ada 3 mur yang butuh dilepas untuk melepas besi dudukan ini. Baru deh kita bisa memulai membuka cover speedometer bagian atas.

Untuk cover speedometer bagian atas bisa dilepas dengan menggunakan obeng plus ukuran kecil dan melepas 6 baut, dua baut dibagian atas dan 4 baut dibagian bawah. Nah kalau sudah dilepas, beres deh, cover speedometer atas bisa dilepas dan panel speedometerpun terbuka. Langsung saja, rtb pasang kembali dua baut yang tadinya lepas dan membuat bunyi kurang mengenakkan saat dipakai jalan.

Selesai memasang bautnya tinggal dikembalikan saja speedometernya, tinggal dibalik saja urutannya mas bro gan sob, sangat bisa dikerjakan sendiri, tapi pastikan sudah punya kunci-kunci yang dibutuhkan ya! untuk list kunci-kunci yang diperlukan seperti ini mas bro gan sob,

  1. Kunci L ukuran 5 untuk membuka baut kupingan headlamp.
  2. Kunci ring/pas/T ukuran 8 untuk membuka baut headlamp dan dudukan speedometer yang menempel di speedometer.
  3. Kunci ring ukuran 10 untuk melepas speedometer dari dudukan di segitiga atas.
  4. Obeng plus kecil untuk membuka baut cover headlamp, bisa pakai 1 ukuran saja atau pakai 2, kecil dan sedang.
  5. Tang, untuk melepas kabel speedometer dan rpm.

Nah mas bro gan sob, gampangkan cara bongkar speedometer Yamaha Scorpio? Terimakasih sudah bersedia membaca, semoga artikelnya bermanfaat ya mas bro gan sob!

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “Begini Nih Cara Bongkar Speedometer Yamaha Scorpio”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok