Yamaha Scorpio Berusia Enam Tahun Sparepart Apa Saja Sih Yang Sudah Diganti?

Mas Bro Gan Sob, lagi-lagi ketemu dengan artikel curhatan dari rtb. Tak lain dan tak bukan curhatan mengenai redtoblack, A.K.A Yamaha Scorpio milik rtb yang menginjak usia 6 tahun ini. Curhatan kali ini mengenai apa saja sparepart yang sudah diganti dari redtoblack ini. Langsung disimak saja ya mas bro gan sob! Yamaha Scorpio berusia enam tahun sparepart apa saja sih yang sudah diganti?

redtoblack ini rtb gunakan sebagai motor harian, walaupun setiap hari hanya jalan sekitar 18 kilometer saja. Boros? kalau tidak dibandingkan ya tidak boros, hehehe. Hingga saat ini rtb biasa mengisi bensin setiap tiga minggu sekali, sekali isi dari 80 ribu hingga 100 ribu pertamax. Memang jarang sampai tangki benar-benar kosong, paling dua bulan sekali rtb paksa hingga kran bensin pindah ke posisi rest baru ditambah bensinnya.

Hingga usianya yang menuju ke 6 tahun ini, ada beberapa sparepart mesin yang sudah rtb ganti, mungkin beberapa penggantian sudah rtb ceritakan di artikel sebelumnya, namun rtb akan tulis ulang di artikel ini. Tapi rtb hanya akan menulis sparepart komponen mesin saja ya mas bro gan sob, karena kalau body dan kelistrikan di itung, tambah banyak deh, masalahnya rtb suka ubah-ubah tampilan dulunya. Nah, sparepart apa saja itu? simak ya,

  1. Busi, kayanya ini hal yang wajar ya, terlebih rtb juga hanya menggunakan busi biasa saja, tidak pernah menggunakan busi racing ataupun busi mahal.
  2. Kampas kopling, kampas kopling sudah dua kali ganti, pertama ganti kalau tidak salah saat berusia 2 tahunan. Alasan rtb ganti kampas kopling saat itu karena rtb sadar, rtb masih tahap belajar memakai motor kopling, jadi masih sering menahan kopling terlalu lama. Kondisi saat itu memang belum terlalu aus, namun tarikan sudah tersendat, pakai ngeden dulu baru bisa lari. Berhubung hal ini kembali rtb alami di tahun ke 6 ini, akhirnya bulan maret ini rtb kembali melakukan penggantian kampas kopling, beserta plat koplingnya.
  3. Klep, klep yang diganti hanya klep yang kecil saja saat itu. Alasan diganti karena klepnya udah njeber. Kalau tidak salah, saat itu diusia 3 tahun.
  4. Piston & ring piston, rtb menggantinya pada saat redtoblack berusia 5 tahun, saat itu diawali dengan gejala keluar asap putih dari knalpot saat start pagi hari, awalanya hanya seal klep saja yang diganti, namun sebulan kemudian ngebul jadi tambah parah, akhirnya redtoblack mengalami operasi oversize dan penggantian piston lengkap dengan ringnya.

Nah mas bro gan sob, itu tadi sparepart mesin yang sudah pernah diganti di redtoblack. Untuk sparepart non mesin yang pernah diganti antara lain, accu, piringan cakram, kabel gas, kabel kopling, bohlam, dan masih banyak lagi, pastinya sparepart fastmoving sudah pernah diganti. Terlebih rtb suka melakukan upgrade atau modifikasi untuk mengubah tampilan redtoblack.

Kalau mas bro gan sob yang pakai Yamaha Scorpio, sudah diganti apa saja ya? boleh kok diceritakan di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

3 thoughts on “Yamaha Scorpio Berusia Enam Tahun Sparepart Apa Saja Sih Yang Sudah Diganti?”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok