MotoGP Argentina 2018 : Termasclash Tim Satelit Berpesta Juara Dunia Bersengketa

MotoGP Argentina 2018

Mas Bro Gan Sob, seri kedua MotoGP yang berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina berlangsung penuh drama. Berawal dari sesi kualifikasi dimana Jack Miller memulai drama gamblingnya menggunakan ban slick saat track masih basah meskipun akhirnya membuahkan hasil yang manis berupa pole position untuknya. Race basah yang selama ini menjadi momok untuk pembalap menambah keseruan drama di MotoGP Argentina 2018 ini.

Menjelang start balapan diputuskan jika race kali ini merupakan wet race, alias balapan basah. Hampir semua pembalap sudah turun ke starting grid menggunakan motor dengan settingan ban basah. Race belum jadi berjalan, starting grid sudah penuh tapi tiba-tiba semua pembalap kembali ke pit untuk mengganti motor, sehingga akhirnya start ditunda selama 5 menit. Nampak jika cuaca berubah dan balapan akan dilangsungkan dalam kondisi track kering, sehingga semua pembalap kembali ke pit dan mengganti motor dengan motor settingan kering. Dari sekian pembalap hanya Jack Miller yang tidak kembali ke pit untuk mengganti motor, Jack Miller bertahan di starting grid, karena dari awal ia sudah menggunakan motor dengan settingan ban slick. Sama seperti yang dilakukannya saat sesi kualifikasi.

Dari sini sudah terlihat pembalap mulai galau dan cemas, nampak dari raut wajah meereka saat menunggu di pit stop masing-masing. Seperti yang rtb ketahui, jika pembalap berganti motor dan kembali ke pit stop sebelum start dimulai maka mereka boleh turun balapan dengan cara start dari pit lane. Namun berbeda dengan kondisi yang di Argentina ini. Beberapa pembalap sudah siap untuk start dari pit lane, namun ditunda dan kembali ke pit masing-masing .Menurut race direction start ditunda karena alasan keselamatan.

Beberapa menit ditunda akhirnya balapan dimulai, namun dengan perubahan urutan start. Dimana pembalap yang mengganti motor masuk kembali ke starting grid namun dengan urutan start dari paling belakang. Kecuali Jack Miller yang masih menempati posisi polenya, pembalap lain mendapatkan urutan baru untuk startnya. Akhirnya semua pembalap menempati posisi di starting grid dan warm up lap dijalankan. Hingga warm up lap ini nampak jika track masih dalam kondisi belum kering sepenuhnya, masih ada beberapa bagian dan tikungan yang masih tergenang air.

Warm up lap selesai semua pembalap mengisi barisanĀ  masing-masing, tiba-tiba Marc Marquez mengangkat tangan, mesin motornya mati dan dia harus mendorong untuk start. Saat mulai mendorong dan mesin tidak juga menyala nampak petugas menghampiri dan menyuruh untuk masuk ke pit untuk start dari pit lane. Namun nampak jika Marc Marquez mengabaikan perintah itu dan putar balik ke posisi startnya setelah dia berhasil menyalakan motornya. Hal tersebut nampak membuat suasana mulai kacau.

Setelah Marc Marquez kembali ke posisi startnya balapanmu dimulai. Jack Miller melesat paling depan, namun belum genap satu lap, Marc Marquez merangsek kedepan dan menempati posisi kedua didepan rekan se timnya Dani Pedrosa. Namun naas dialami Dani Pedrosa, di tikungan terakhir sebelum garis start Dani Pedrosa bersenggolan dengan Johann Zarco, membuat Pedrosa terpaksa melebar dan sialnya saat melebar Pedrosa terlempar dari motornya dan jatuh tidak bisa melanjutkan balapan.

Di separuh lap kedua Marc Marquez sudah berhasil merebut posisi pimpinan balapan dari Jack Miller, disusul Alex Rins di posisi ke tiga. Mulai dari lap ke tiga bendera putih dikibarkan, tanda pembalap boleh mengganti motor. Lap ke empat muncul info jika apa yang dilakukan Marc Marquez saat start sedang ditinjau. Memipin hingga lap ke 6 dan mampu menjaga jarak hingga 2.4 detik didepan Jack Miller, Marquez mendapatkan penalty Ride Trough. Dimana Marquez harus masuk ke pit lane dahulu sebelum masuk ke track lagi.

Kondisi nampaknya membuat Marc Marquez sedikit frustasi. Marquez kembali ke track dengan posisi berubah menjadi urutan ke 19. Penalty yang diberikan ke Marquez dikarenakan dia mengendarai motornya berlawanan arah saat proses start balapan. Balapan berjalan dengan Jack Miller sebagai pemimpin balapan diikuti Alex Rins, Johann Zarco dan Cal Cruthlow. Sementara Jack Miller memimpin balapan, di lap ke 8 nampak jika Marquez mulai mencoba untuk kembali kedepan, memperebutkan posisi ke 18 dengan Aleix Espargaro. Dengan gaya balapan yang agresif dari Marquez, di lap ke 8 ini ia menyenggol Alexi Espargaro sebelum akhirnya bisa melewati Espargaro.

Pada lap ke 10 Marc Marquez kembali memperoleh penalty untuk mundur satu posisi, yang tadinya sudah ada diposisi ke 16 harus rela kembali ke posisi ke 17. Lap ke 13 nampaknya Alex Rins mulai bosan membuntuti Miller, ia mencoba beberapa manuver untuk mengambil posisi pertama. Serangan kembali dilakukan Alex Rins di lap ke 14, namun belum membuahkan hasil. Di lap ke 15 akhirnya kegigihan Rins membuahkan hasil, ia mampu merebut posisi pertama. Namun sayangnya di lap ke 16 Rins harus melebar dar terlempar ke posisi 4. Posisi pertama kembali diambil alih Jack Miller diikuti Cal Crutchlow dan Johann Zarco.

Hingga lap ke 17 Marc Marquez yang terkena penalty sudah bisa masuk ke urutan 10 besar, ia mampu menempati posisi ke 7 dibelakang Valentino Rossi yang menempati posisi ke 6. Melebar menjelang dua tikungan terakhir sebelum lap 17 berakhir membuat Jack Miller kehilangan posisinya dan terlempar ke posisi ke 4. Cal Crutchlow menggantikan posisi Miller sebagai pemimpin jalannya balapan sementara.

Lap ke 20 Marquez melakukan manuver untuk merebut posisi ke 6 dari Valentino Rossi. Marquez yang berusaha untuk memperbaiki posisi dan membalap dengan agresif akhirnya menyenggol Rossi dan membuat mereka berdua harus melebar. Sialnya Rossi harus keluar dari track dan terjatuh. Meskipun masih bisa melanjutkan balapan, namun Rossi terlempar ke posisi ke 19. Di lap ke 20 Zarco sempat mengambil alih posisi pertama dari Crutchlow. Insiden yang dialami antara Marquez dan Rossi mendapatkan perhatian dari race director dan dalam proses investigasi.

Cal Crutchlow kembali mengambil alih posisi pertama dari Zarco di lap ke 22. Hingga balapan berakhir Cal Crutchlow berhasil mempertahankan posisinya menjadi pemenang, diikuti Johann Zarco pada posisi kedua dan Alex Rins di posisi ke 3, sementara itu pemegang pole Jack Miller berhasil finish di posisi ke 4. Dari 4 pembalap di depan nampak jika 3 pembalap satelit berhasil mendapatkan hasil yang baik. Hasil akhir balapan di Argentina ini membuat Cal Crutchlow berhasil menempati pimpinan klasemen sementara MotoGP 2018 dengan point 38 disusul Andrea Dovisiozo dengan point 35. Untuk klasemen sementaranya bisa disimak seperti gambar ini ya mas bro gan sob.

Klasemen MotoGP 2018 Argentina
Klasemen MotoGP 2018 Argentina

Di akhir balapan hasil investigasi insiden yang dialami oleh Valentino Rossi dan Marc marquez menghasilkan keputusan menjatuhkan penalty untuk Marc Marquez. Penalty yang didapatkan Marquez adalah tambahan 30 detik karena alasan cara berkendara yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat Marquez yang tadinya finish di posisi ke 5 bergeser menjadi posisi ke 18. Marquez sempat menuju pit tim Yamaha untuk bertemu dengan Rossi untuk minta maaf, namun mendapatkan penolakan sebelum bertemu dengan Rossi langsung.

Hasil Balapan MotoGP 2018 Argentina
Hasil Balapan MotoGP 2018 Argentina

sumber : motogp.com

Mas Bro Gan Sob, nampanya kejadian di Argentina ini akan berbuntut panjang terhadap hubungan Rossi dan Marquez seperti yang pernah terjadi di musim-musim MotoGP yang lalu. Satu seri MotoGP di tahun 2018 yang sangat agresif untuk Marc Marquez. Oh ya mas bro gan sob, untuk sri berikutnya MotoGP akan diadakan di Austin pada tanggal 22 April 2018 nanti.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok