Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn Untuk Yamaha Scorpio, Cocokkah?

Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn Untuk Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, dua minggu setelah mengganti kampas kopling redtoblack, akhirnya rtb memutuskan untuk mengganti olinya, selama hampir 4 tahun lebih rtb selalu menggunakan oli Pertamina Enduro. Namun dengan penuh pertimbangan akhirnya rtb mencoba untuk mengganti dengan oli merk lain. rtb menjatuhkan pilihan memakai Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn untuk Yamaha Scorpio. Mas Bro Gan Sob, akankah ini menjadi oli yang cocok untuk Yamaha Scorpio?

Pada saat ganti kampas kopling rtb masih menggunakan oli Pertamina Enduro. Setelah ganti kampas kopling memang gejala tarikan kurang spontan sudah hilang, namun selama dua minggu itu rtb kadang merasa kesulitan saat pindah gigi terutama saat pindah dari gigi satu ke netral. Setelah penggantian kampas kopling ini terhitung redtoblack sudah menempuh jarak kurang lebih 250 kilometer, namun gejala sulit menetralkan gigi masih ada.

Tapi, alasan dari rtb memilih Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn ini bukan karena itu. Melainkan sudah rtb rencanakan sebelumnya, bahkan oli ini sudah dua bulan lalu rtb beli, sebelum penggantian kampas koplingnya. Berawal dari rasa penasaran rtb mencoba untuk berani membeli oli tersebut, walau harganya terbilang tidak murah. Untuk satu botol ukuran seliter bisa seharga 4 botol Pertamina Enduro 1 liter. Oli ini rtb beli dari HydroTechno, yang mana pemiliknya mbah Amir yang rtb kenal dari Kaskus Scorpio Rider (KSR) dan rtb sempat sekali kopdar pas awal-awal rtb menyiapkan bahan untuk modifikasi velg Yamaha Scorpio milik rtb.

Singkat cerita rtb beli dua botol Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn ini. Tidak terpengaruh bujuk rayu atau apapun, tapi rtb lebih memilih membeli oli ini daripada mencoba oli sesat (oli diesel yang dipakai di mesin motor) entah kenapa rtb lebih yakin untuk mencoba oli ini. Harapannya sih rtb bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk mesin Yamaha Scorpio rtb, dan jika memang berpengaruh ke performanya anggap saja itu merupakan bonusnya, selain itu rtb juga berharap oli ini bisa lebih awet daripada oli yang selama ini rtb pakai.

Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn Untuk Yamaha Scorpio

Setelah dua minggu kampas kopling Yamaha Scorpio rtb ganti, akhirnya rtb mengganti olinya menggunakan Oli Mobil 1 ini. Untuk penggantian oli seperti biasa rtb lakukan sendiri, rtb  memilih pagi hari sebelum berangkat bekerja untuk waktu penggantiannya. Pastinya setelah semalam motor tidak dipakai dan kondisi mesin dingin, rtb sih yakin jika dalam kondisi mesin dingin ini merupakan waktu yang tepat untuk membuka baut oli dan mengganti olinya. Selain lebih aman karena tidak perlu kena panas mesin ataupun panas olinya, ini juga bisa menghindari slek pada baut pembuangan oli. Selain itu oli berada di posisi sedang mengendap di bagian bawah.

Impresi awal, setelah diganti olinya rtb langsung gunakan motornya untuk berangkat kerja, yang langsung rtb rasakan yaitu pindah giginya sudah mudah, tak lagi seret seperti sebelumnya. Selain itu jujur rtb belum merasakan perbedaan lainnya, ya mungkin karena rtb juga bukan orang yang peka terhadap mesin, jadi kurang bisa menemukan seperti apa perbedaanya. Suara mesin pun rtb pastikan masih sama seperti biasanya. rtb sendiri yakin baru akan bisa merasakan perbedaannya jika nanti sudah dipakai sekian ratus kilometer dan rtb pakai untuk riding jarak jauh.

Nah mas bro gan sob, untuk sementara segini dulu cerita mengenai pemakaian Oli Mobil 1 10W-40 SuperSyn di Yamaha Scorpio, rtb janji akan melanjutkan cerita pengalaman rtb dengan oli ini. Tunggu saja kelanjutannya ya mas bro gan sob, terimakasih sudah bersedia membaca.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok