Bongkar Kaliper, Ternyata Tidak Punya Kunci Pas Ukuran 8, Saatnya Beli Kunci Baru

Bongkar Kaliper

Mas Bro Gan Sob, guna memastikan penyebab dari macetnya rem depan redtoblack, rtb harus membongkar kaliper rem depannya. Nah, seperti biasanya rtb selalu memastikan peralatan apa saja yang harus rtb pakai sebelum eksekusi bongkar-bongkar. Setelah check dan recheck ternyata rtb masih kekurangan satu kunci, yaitu kunci ke hatimu, eh ngelantur, maksudnya kunci pas atau kunci ring ukuran 8 untuk bongkar kaliper, lebih tepatnya untuk membuka baut pembuangan minyak rem. Selama ini rtb kebanyakan menggunakan kunci T untuk membuka baut ukuran 8.

Kalau masalah toolkit atau peralatan mbengkel, memang rtb lebih sering beli eceran, jadi rtb hanya beli ukuran yang rtb cari, kecuali memang harus dibeli secara paketan dari sononya. Dulu rtb beberapa kali membeli kunci pas di swalayan besar di kota Solo, merknya tak jelas apa, hasilnya beberapa kuncinya sudah slek dan rusak. Akhirnya rtb mencoba mencari merk lain yang lebih terpercaya untuk dipakai. Satu merk yang masih rtb percaya hingga saat ini adalah Tekiro. Namun hati-hati juga ya mas bro gan sob, karena sudah terkenal, merk Tekiro ini rawan dipalsukan.

Singkat cerita akhirnya rtb membeli kunci ring kombinasi pas ukuran 8. Harganya murah cukup Rp. 21.000 saja. Nah ini wujudnya mas bro gan sob, kunci baru yang rtb beli,

Selain kunci baru ini rtb juga sudah memiliki alat lain yang juga merk Tekiro, ada apa saja ya? kalau tidak salah sih ada kunci sok, kunci L, kunci T, tang, obeng ketok, kunci pas dan kunci ring.

rtb mulai membeli toolkit ini semenjak memiliki redtoblack pada tahun 2012 lalu. Hingga saat ini untuk kunci merk Tekiro belum ada yang rusak sama sekali, semuanya masih aman dan nyaman, selalu setia menemani rtb untuk mbengkel sendiri dirumah.

Seperti yang sudah rtb ceritakan di artikel sebelumnya, rtb mengalami masalah pada sistem pengereman depan, yang ternyata disebabkan seal yang berada di master rem sudah berkarat dan macet. Singkat cerita rtb beli satu set seal master rem untuk menggantinya, untuk proses ganti rtb lepas master rem dari dari stang dan selangnya, kemudian rtb bawa ke bengkel terdekat karena rtb kesulitan melepas seal master rem yang sudah macet itu. Selesai pasang dari bengkel rtb pasang sendiri remnya di rumah. Karena master rem dibongkar alhasil semua minyak rem dibuang dan perlu penambahan minyak rem baru.

Bongkar Kaliper

Berbekal pengalaman melihat penggantian minyak rem di bengkel langganan rtb, akhirnya rtb coba untuk melakukan pengisian minyak rem tersebut. Pertama setelah master rem terpasang dengan benar, rtb masukkan minyak rem melalui kotak tampungan minyak rem di master rem. Setelah itu menggunakan handle remnya rtb pompa sampai keras. Kemudian rtb tmabahkan lagi minyak rem sampai batas maksimalnya dan dipompa lagi. Sambil rtb buka baut pembuangan dibagian kaliper dengan menggunakan kunci ring 8. Kemudial lanjut dipompa lagi. Oh ya untuk untuk baut pembuangan ini rtb kasih selang bening yang agak panjang, untuk melihat apakah masih ada buih-buih udara yang bercampur dengan minyak rem yang keluar. Selain itu juga untuk mencegah agar minyak rem tidak tercecer kemana-mana. Karena minyak rem ini bersifat abrassive.

Setelah yakin dipastikan sudah tidak ada buih-buih udara tercampur di minyak remnya. Baut pembunganya ditutup dikencangkan kembali menggunakan kunci ring. Setelah itu rtb periksa jumlah minyak rem yang ada di tampungngan, dan rtb tambahi agar mencukupi sesuai batas yang tertera di kotak master rem.

Dan Alhamdulillah hingga saat ini rem depan redtoblack bekerja secara normal dan tidak ada masalah lagi. Yang jelas selalu berhati-hati saat mbengkel sendiri ya mas bro gan sob, pahami apa yang akan kita lakukan, kalau memang susah untuk dilakukan sendiri, mending langsung dibawa ke bengkel saja, daripada beresiko. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok