Apa Pinlock Helm Itu? Apa Pinlock Visor itu?

Pinlock Helm

Mas Bro Gan Sob, Apa Sih Pinlock Helm Itu? Mas Bro Gan Sob mungkin sudah sering menyebut pinlock dan bahkan mengira jika pinlock itu sebuah nama barang. Atau yang lebih sering didengar biasanya kata-kata “helm ini sudah pinlock ready”. Pinlock sebenarnya ada merk yang memproduksi antifog untuk helm. Trus entah kenapa akhirnya kebanyakan langsung menyebut pinlock bukan antifog.

Mas Bro Gan Sob pemakai helm fullface pasti sering mengalami embun muncul di visor helm ketika berkendara saat hujan atau saat kondisi udara yang lembab. Pastinya ini membuat kondisi sangat tidak nyaman, karena pandangan dari dalam helm menjadi terganggu. Nah fungsi dari Pinlock atau antifog itu akan terasa dalam kondisi seperti ini.

Apa Pinlock Helm Itu? Apa Pinlock Visor itu?

Terus Pinlock atau Antifog ini sebenarnya apa? Antifog atau Pinlock ini sebenarnya adalah visor tambahan yang dibuat dengan bahan yang memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban udara. Kurang lebih cara kerjanya mirip dengan spon yang mampu menyerap kelebaban secara efektif. Pinlock ditempelkan di visor helm, bagian dalam pinlock ini dilapisi dengan butiran silika, dimana bagian ini menciptakan ruang kedap udara diantara lapisan pinlock dan visornya. Ruang kedap udara inilah yang membuat perlindungan dari perbedaan suhu didalam dan luar helm.

Penggunaan pinlock ini dinilai lebih efektif dan lebih awet daripada penggunaan lapisan anti embun. Lapisan anti embun ini biasanya hanya akan bekerja efektif saat kondisinya masih baru, seiring penggunaan lapisan anti embun ini sangat mudah terkikis dan hilang. Terlebih bagian visor helm merupakan bagian yang cenderung sering dibersihkan. Selain itu ada juga antifog yang bisa disemprotkan ke bagian permukaan visor, namun ini juga tidak bisa bertahan lama.

Tapi bukan berarti Pinlock merupakan solusi paling sempurna untuk mencegah embun di visor helm. Penggunaan Pinlock juga bisa membuat pandangan terganggung, apalagi jika pemasangannya tidak sempurna. Selain itu jika pemasangannya kurang hati-hati, bisa jadi muncul gelembung udara yang terjebak diantara visor dan lapisan pinlock, sehingga menggangggu pandangan penggunanya.

Selain itu Pinlock juga relatif mahal harganya, harganya bisa menyamai dengan harga helm baru. Dan biasanya belum semua visor helm bisa dipasangi Pinlock tersebut, pemasangan Pinlock ini biasanya membutuhkan lubang dan kuncian khusus di visornya. Maka dari itu biasanya ada visor yang dijual tersendiri dan sudah memiliki lubang dan kuncian ini dan siap untuk dipasangi Pinlock.

Nah mas bro gan sob, sekian sharing artikel mengenai pengetahuan umum di dunia otomotif ini, terimakasih sudah bersedia membaca, semoga bermanfaat.

Artikel ini dirangkum dari beberapa sumber antara lain,

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok