Duo Repsol Honda Mencoba Fairing Baru di MotoGP Prancis

Repsol Honda Mencoba Fairing Baru

Mas Bro Gan Sob, Marc Marquez dan Dani Pedrosa pembalap MotoGP tim Repsol Honda mencoba fairing baru pada sesi latihan di Le Mans, Jum’at lalu. Repsol Honda menggunakan fairing yang memiliki desain aerodinamika baru, mirip-mirip desain yang digunakan Yamaha gitu lah.

Juara dunia tahun lalu sekaligus pemimpin klasemen sementara MotoGP musim 2018 ini, Marc Marquez berusaha untuk menunjukkan performa dari fairing barunya, tentunya fairing tersebut sudah memenuhi aturan dan regulasi MotoGP 2018. Desain fairing baru ini dipercaya bisa membantu akselarasi dan membelok disirkuit yang berkarakter stop and go.

Marquez berpendapat jika fairing baru ini memiliki perubahan dan membantu motornya menjadi tidak gampang wheelie dan membuatnya lebih cepat ditikungan. Namun menurutnya fairing ini belum efektif jika digunakan di track lurus, seperti yang dicobanya di Mugello. Tapi dengan fairing satunya kecepatan di track lurus tetap bisa diatasi.

Mungkin memang tim Repsol Honda bisa membuat satu fairing yang mampu digunakan di seluruh track balapan, namun dengan kombinasi dua fairing ini mereka percaya bahwa ini merupakan pilihan tetpat untuk seluruh track di musim balap 2018 ini.

Hal ini juga disetujui rekan se tim Marquez, Dani Pedrosa, ia juga mengakui jika fairing baru ini mampu mengurangi gejala wheelie saat keluar dari tikungan. Namun ia merasa masih ada yang kurang dan merasa tidak yakin untuk digunakan di Le Mans.

Pedrosa sudah mencoba fairing baru tersebut dan dia menyatakan jika memang benar fairing baru ini membantunya meberikan kontrol yang baik untuk motornya, terlebih fairing ini membuat motornya tak mudah wheelie. Pedrosa merasa motornya lebih seimbang, namun tetap membutuhkan perubahan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tak hanya mencoba fairing dengan model aerodinamika yang baru, namun Marquez juga akan mencoba swingarm baru di sesi latihan di Bugatti Circuit ini. Seperti yang mas bro gan sob ketahui beberapa saat lalu tim Repsol Honda sedang melakukan test swingarm carbon di motor balap mereka. Tim Repsol Honda kembali melakukan test untuk siwngarm carbon ini agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai perbandingan performa antara swingarm alumunium dan swingarm carbon.

Swingarm ini juga masih akan diujicobakan di sirkuit Catalunya bulan depan, menurut mereka keuntungan dari swingarm carbon ini adalah bisa memberikan kekuatan yang sama namun dengan bobot yang lebih ringan.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok