Godaan dan Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Mas Bro Gan Sob, 25 Mei 2018 beberapa toko online market place online di Indonesia mengadakan promo belanja yang menggiurkan. Ada yang berupa pemberian kupon belanja, flash sale dengan diskon dan semacamnya. Salah satu yang membuat akhirnya rtb tertarik adalah flash sale di Tokopedia yang menghadirkan harga Rp. 25.000 untuk berbagai macam barang, alat elektronik, fashion, handphone hingga kebutuhan sehari-hari. Dengan harga yang hanya Rp. 25.000 memang sangat menggoda sekali, ya meskipun itu belum termasuk ongkos kirimnya ya. Nah kali ini rtb akan menceritakan mengenai godaan dan kekecewaan mengikuti flash sale Tokopedia.

rtb tidak ragu menyebut merk market place Tokopedia ini, karena rtb berusaha untuk membagikan apa yang rtb alami secara nyata dan pastinya rtb berikan bukti-buktinya. Semoga nanti artikel ini bisa menjadi referensi untuk mas bro gan sob semua sebelum tergiur mengikuti flash sale semacam ini. Tapi tak hanya sisi buruknya yang akan rtb ulas, namun sisi baiknyapun akan rtb sampaikan.

Entah dalam rangka apa, pada tanggal 25 Mei 2018 lalu, Lazada, Tokopedia dan Shopee mengadakan promo penjualan yang dikemas dengan berbagai cara. Salah satunya adalah flash sale, nah rtb sendiri sudah tidak asing dengan flash sale, karena beberapa kali rtb sudah mengikuti flash sale baik di Lazada maupun Shopee. Dan rtb pernah menuliskannya di artikel ini (Pengalaman Ikut Flash Sale Lazada.co.id). Alhamdulillah keduanya tidak pernah ada masalah sama sekali. Namun di tanggal 25 lalu, flash sale yang diadakan oleh Tokopedia sedikit berbeda. Tak cuma menawarkan produk yang dijual secara cepat, namun Tokopedia memasang harga yang boleh dibilang tak wajar untuk beberapa tipe barang. Salah satunya adalah drone DJI Tello yang harga normalnya sekitar 1,5 jutaan dan di flash sale ini menjadi hanya Rp. 25.000, nah lho… siapa yang gak ngiler coba dengan harga segitu?

Godaan dan Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Tapi barang itu bukan yang rtb inginkan, bahkan rtb baru tahu kalau ada flash sale ini ada. rtb sebenarnya hanya iseng mengikuti flash sale ini, hanya mencoba peruntungan, siapa tahu dapat. Kan bisa direview atau dipakai beneran, akhirnya pada tanggal 25 kemarin rtb mencoba ikut flash sale yang dilakukan pukul 15.00 tepat, rtb tidak mengincar barang apapun untuk dibeli, namun rtb berhasil mendapatkan 1 unit action camera merk Kogan dan seller bernama Kardel Shop dan 1 unit power bank merk Uneed dari Uneed Indonesia.

Kardel Shop, kalau tidak salah dulu tahun 2015 rtb pernah belanja di toko tersebut, namun melalui Lazada, saat itu rtb juga membeli action camera merk Kogan juga. Dan saat itu produknya sukses rtb terima dan tidak ada masalah. Namun ternyata cerita itu berbeda dengan hasil flash sale tanggal 25 ini. Singkat cerita rtb melakukan checkout pembelian dengan metode pembayaran di Indomaret. rtb memilih itu karena rtb sudah sering menggunakan metode ini baik untuk belanja di Lazada maupun di Tokopedia. Kalau pengalaman flash sale di Lazada, jika kita sudah dapat kode bayar, bisa dipastikan kita resmi mendapatkan barangnya, walaupun mungkin nanti pada proses pengiriman mungkin ada cerita lain, berdasarkan kolom komentar di Lazada, banyak yang mengaku barang tidak sampai dan dana lama proses pengembaliannya. Namun Alhamdulillah tidak pernah terjadi ke rtb.

Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

rtb melakukan pembayaran di Indomaret kurang lebih 3 jam setelah proses pembelian itu. Seperti biasa, jika kita sudah membayar kita tinggal menunggu proses dari sellernya. Tokopedia memberikan batasan waktu baik untuk proses pembayaran dari pembeli maupun proses dari sellernya, nah mulai dari proses seller ini kita sebagai pembeli hanya bisa menunggu, bertanya dan mengajukan pembatalan jika memang ingin membatalkan transaksi. Namun rtb pilih untuk mengunggu bagaimana proses sellernya. Dari dua pembelian yang rtb lakukan terlihat jika seller Kardel Shop tidak melakukan proses apapun setelah pembayaran yang rtb lakukan. Sementara Uneed Indonesia mengupdate prosesnya. Dari sini rtb mulai merasakan keanehan.

Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Seperti yang rtb sampaikan diatas seller juga memiliki batas waktu untuk melakukan prosesnya, jadi rtb putuskan untuk tetap menunggu. Di tengah proses rtb menunggu, rtb mendapatkan notifikasi dari Tokopedia jika ada perpanjangan batas waktu untuk penerimaan pesanan dan konfirmasi pengiriman karena alasan “jumlah pesanan yang tinggi” . Dari sini mulailah rtb mencium bau-bau tidak enak di transaksi kali ini. Setelah pemberitauan tersebut, akhirnya rtb memutuskan untuk menanyakan ke pihak Tokopedia, dengan nada sedikit pesimis rtb menanyakan apakah transaksi yang rtb lakukan ini akan diproses atau tidak? pihak Tokopedia menjawab, jawaban pertama bisa dipastikan bukan manusia yang menjawab, tapi jawaban otomatis dari sistemnya, yang intinya kita disuruh menunggu sesuai dengan batasan waktu yang diberikan, plus embel-embel minta maaf serta penjelasan fitur pembatalan transaksi. Hmmm, dari sini makin jelas ujungnya kemana. Dengan sedikit jengkel rtb membalas, rtb mengungkapkan jika jawaban itu tidak membantu sama sekali. Kali ini dibalas namun sepertinya bukan sistem, tapi manusia yang setengah sistem, hehehe. Lagi-lagi rtb mendapat jawaban jika rtb harus menunggu plus embel-embel minta maaf dan penjelasan kecepatan respon sellernya. Makin jelas lah kemana ujungnya, karena saat rtb kirim pertanyaan tersebut seller hanya memiliki batas waktu kurang lebih 9 jam dari batas akhir.

Benar juga, diakhir batas waktu proses transaksi akhirnya rtb mendapatkan notifikasi pembatalan transaksi oleh sistem, dengan alasan sudah seller sudah melebihi batas waktu proses yang ditentukan. Uang pembayaran yang rtb lakukan dipindahkan ke saldo tokocash, apa itu tokocash? mas bro gan sob bisa cari tahu di FAQnya Tokopedia. Nah ini baru transaksi yang pertama dari seller Kardel Shop, belum dari Seller satunya yang masih berstatus diproses seller.

Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Posisi Tokopedia memang hanya sebagai penyedia layanan market place dan menjadi pihak perantara buyer dengan seller. Namun untuk proses flash sale seperti ini pastinya Tokopedia memiliki syarat dan ketentuan, baik untuk seller maupun buyer. Untuk seller bisa dilihat di halaman ini sementara untuk buyer di halaman ini. Setelah membaca ketentuan itu, ternyata memang tidak ada jaminan jika barang yang diikutkan flash sale itu merupakan barang yang nyata dan benar ada stoknya, selain itu juga tidak ada jaminan jika buyer pasti akan mendapatkan barangnya. Ya memang mungkin seperti itu umumnya.

Balik ke transaksi rtb yang akhirnya harus batal, rtb sih sudah ikhlas, bisa jadi memang sellernya super sibuk, atau rtb tidak kejatah stok karena mungkin toko ini tidak hanya berjualan online saja, atau mungkin memang aslinya tidak ada stok trus dipajang stok abal-abal agar ikut menyemarakkan flash sale Tokopedia. Lagian fitur milik Tokopedia sudah menjaga kemanan dana buyer yang berbelanja sesuai prosedurnya, jadi kita sebagai buyer bisa mendapatkan jaminan terhadap dana milik kita. Dan seperti yang sudah rtb samapaikan diatas, dana rtb dikembalikan ke tokocash.

Oh ya, mengenai tokocash, tokocash itu semacam akun virtual untuk menyimpan dana milik kita sebagai buyer, dan saldonya bisa digunakan untuk belanja, menerima cashback ataupun menerima pengembalian dana dari transaksi yang dibatalkan maupun pengembalian dana karena alasan lainnya. Tapi mas bro gan sob mesthi hati-hati dengan tokocash ini, bagi mas bro gan sob yang tidak sering belanja online di Tokopedia, mending mas bro gan sob tidak usah tergiur untuk membeli saldo tokocash dengan alasan apapun. Karena saldo dari tokocash yang bukan dari hasil pengembalian dana dari transaksi selain tokocash tidak bisa diuangkan. Penjelasan sederhananya seperti saat mas bro gan sob mendapatkan cashback dari suatu transaksi, dimana cashback itu berupa saldo tokocash, maka saldo tokocash ini tidak bisa diuangkan, saldonya hanya bisa untuk belanja lagi. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di halaman ini.

Kesimpulannya, bagi mas bro gan sob yang suka dengan flash sale Tokopedia, bersabarlah dan siapakan hati untuk menerima kekecewaan. Namun tenang saja, selagi mas bro gan sob mengikuti prosedur yang benar, dana mas bro gan sob akan tetap aman.

Nah mas bro gan sob, itu tadi sharing dari rtb mengenai pengalaman dan kekecewaan mengikuti flash sale Tokopedia. Semoga informasinya bermanfaat. Oh ya, untuk transksi yang satunya belum selesai, nanti akan rtb update lagi di artikel berikutnya. Terimakasih sudah bersedia membaca, pesan rtb : selalu berhati-hati saat transaksi online dan belanjalah secara bijak.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

8 thoughts on “Godaan dan Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia”

  1. Mungkin itu salah satu triknya kali. Jadi ngga dikirim kirim, jadi pesanan batal dan uanag dikembalikan.
    Tapi tergantung seller ya. Temen saya berhasil checkout tapi barang baru dikirim tgl 28.
    Kalo saya kurang beruntung, internet lemot jadi page loading mulu..

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok