Lanjutan : Godaan dan Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Mas Bro Gan Sob, ini merupakan artikel lanjutan dan update dari artikel sebelumnya, dimana rtb menceritakan beberapa perihal mengenai kejadian yang rtb alami saat mengikuti flash sale Tokopedia. Hari ini (30 Mei 2018) merupakan batas akhir proses seller dari transaksi kedua flash sale Tokopedia yang rtb ikuti. rtb membeli power bank M10 dengan kapasitas 10.000mAH merk Uneed dan seller Uneed Indonesia. Status terakhir dari transaksi ini adalah sedang diproses seller, dimana batas wajarnya harusnya pada tanggal 29 Mei 2018 sekitar pukul 18.00. Namun karena Tokopedia beralasan mengalami overload karena flash sale akhirnya batas akhir diundur hingga tanggal 30 Mei 2018 pukul 23.00.

Hingga artikel ini ditulis Tokopedia hanya memberi jawaban yang sama yaitu saya diminta untuk sabar dan menunggu sampai batas waktunya. Sedangkan sellernya tidak merespon semua chat yang saya kirimkan, baik chat personal maupun melalui diskusi produk. Dan ternyata di bagian diskusi produk banyak yang mengalami hal yang sama dengan rtb. Dan ternyata di transaksi yang satunya juga, banyak yang dikecewakan karena pesanan tidak diproses tanpa penjelasan.

Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Transaksi pertama hasil flash sale rtb statusnya sudah jelas dibatalkan oleh sistem, rtb terus mencecar pertanyaan ke support Tokopedia, hingga akhirnya rtb mendapat jawaban bahwa stok yang dimiliki seller tidak mencukupi untuk pembelian dari flash sale ini. Kan jawaban yang asem banget kan, entah ini perilaku nakal dari sellernya atau memang kelemahan sistem dari Tokopedia yang tidak bisa menangani hal tersebut, dan anehnya lagi pihak Tokopedia menyatakan jika yang mendapatkan flash sale ini bisa saja dibatalkan karena pembayaran yang telat atau istilah gampangnya keduluan buyer lain yang juga mendapatkan flash sale. Aneh banget kan? secara awam bisa diartikan bahwa yang memenangkan flash sale itu jumlahnya lebih banyak dari stok barang yang ada, sehingga masih harus balapan membayar agar tidak direbut buyer lain. Padahal di penjelasan flash sale tidak ada point terkait balapan membayar tersebut.

Berikut bukti dari percakapan hasil komplain yang rtb lakukan ke Tokopedia,

Dari beberapa jawaban yang diberikan oleh Tokopedia nampaknya memang sistem milik mereka masih banyak kekurangan. Atau bisa jadi memang sellernya yang sengaja main-main, atau ada yang salah diantara seller dan Tokopedia, yang namanya flash sale dengan potongan harga yang tidak wajar, pasti ada kesepakatan antara seller dan Tokopedia, bisa jadi masih ada masalah diantaranya.

Namun berita baiknya Tokopedia memberikan kompensasi kepada buyer yang mengikuti flash sale pada tanggal 25 tersebut yang memiliki nasib sama dengan saya. Dimana transaksi sudah sukses dan dibayar, namun barang tidak kunjung dikirim dan transaksi dibatalkan oleh sistem. Tokopedia memberikan kompensasi berupa saldo tokocash sejumlah dengan harga barang asli dikurangi dengan harga promo flash sale Rp. 25.000. Untuk transaksi pertama yang rtb lakukan, rtb mendapatkan kompensasi saldo tokocash sejumlah Rp. 304.000, dimana harga barang aslinya Rp. 329.000 dikurang Rp 25.000 pembayaran rtb yang juga dikembalikan ke saldo tokocash. Dan setelah kompensasi ini diberikan, sellernya mau merespon komplainan buyer.

Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Hmmm, dari kejadian ini rtb jadi menyimpulkan jika benar ada kesalahan yang dilakukan Tokopedia. Yang pastinya butuh untuk diperbaiki, agar tidak terjadi di flash sale atau promo berikutnya. Karena dari segi syarat dan ketentuan juga tidak ada kejelasan mengenai kompensasi dan peraturan pembayaran. Namun Tokopedia memberikan jawaban dan kompensasi seperti itu. Setidaknya saat ini saldo tersebut benar-benar masuk ke tokocash milik rtb dan rtb sudah konfirmasi jika saldo tersebut tidak ada masa berlakukanya. Paling tidak hingga saat ini kekecewaan rtb sedikit terobati, meskipun rtb batal unboxing action camera, yang rencananya akan rtb gunakan untu backup. Dan hari ini pun rtb masih menunggu nasib satu transaksi lainnya.

Terimakasih mas bro gan sob sudah bersedia membaca artikel lanjutan godaan dan kekecewaan mengikuti flash sale Tokopedia, semoga informasinya bisa bermanfaat.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

4 thoughts on “Lanjutan : Godaan dan Kekecewaan Mengikuti Flash Sale Tokopedia”

  1. Mayan dapet kompensasi toko cash seharga harga barang. langsung bisa beli action cam harga normal kan..?

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok