Uji Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio [Bagian Pertama]

Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, rtb akhir ini sedang penasaran dengan berapa sih sebenarnya konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio milik rtb. Dengan usianya yang 6 tahun, spesifikasi mesin OS 50 dengan komponen lainnya masih standart semua. Untuk penggunaan harian rtb biasanya mengisi bensin 2 minggu sekali dengan sekali isi rata-rata Rp. 80.000 – Rp. 100.000 itupun tangkinya masih ada isinya. Nah bagaimana hasilnya dan bagaimana cara yang rtb gunakan untuk uji konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio ini? simak artikelnya sampai habis ya mas bro gan sob.

Minggu lalu saat pulang riding dari Pacitan rtb sengaja tidak mengisi bensin sampai pom bensin terdekat dari rumah, Saat itu kondisi keran bensin sudah rtb posisikan ke res, serta jarum fuel meter mepet ke kiri ke huruf E. Kemudian rtb isi dengan pertamax hingga mencapai 13,6 liter. Nah setelah pengisian ini rtb berniat untuk melakukan uji konsumsi bahan bakar dari redtoblack dengan menggunakan metode full to full. Maksudnya metode full to full adalah mengisi bahan bakar hingga penuh dan dicatat kilometer pada saat pengisian, kemudian motor digunakan hingga bahan bakar berkurang lalu diisi lagi bahan bakarnya hingga penuh. Pada saat pengisian bahan bakar yang kedua ini dicatat berapa bahan bakar yang diisikan dan dihitung berapa jarak tempuhnya dengan cara membandingkan angka awal di speedometer saat memulai test dengan angka akhir di speedometer pada waktu akhir pengujian.

Menurut rtb metode full to full ini merupakan metode termudah yang mungkin rtb lakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, selain memang speedometer masih analog dan belum ada fitur average seperti speedometer digital motor terbaru. Namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan juga. rtb memulai uji coba ini pada tanggal 8 Juli 2018 saat itu kilometer di speedometer menunjukkan nilai 61.188,7 dan selesai pada tanggal 17 Juli 2018 dengan angka di speedometer menunjukkan nilai 61.422,8 . Jadi selama 9 hari rtb menempuh jarak 61.422,7-61.118,8=233.9km. Kemudian rtb isi bensin hingga penuh dan membutuhkan 5.32 liter untuk membuat tangki bensin kembali penuh. Dari hasil ini bisa ditemukan hitungan 233.9km/5.32l=43.96km/l.

Sebuah nilai yang tidak wajar menurut rtb, Yamaha Scorpio itu termasuk motor yang boros menurut pendapat kebanyakan pemiliknya. Banyak teman rtb yang menggunakan Yamaha Scorpio biasanya hanya mendapatkan nilai 35km/l. Dari hasil ini rtb melakukan evaluasi, dan ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hasilnya tidak wajar yaitu,

  • metode full to full yang rtb lakukan hanya menggunakan mata untuk mengawasi seberapa penuh tangki bensin saat pengisian, jadi kurang akurat.
  • pada saat pengisian kedua di SPBU petugas yang mengisi tidak berhati-hati sehingga ada bensin yang tumpah tidak masuk ke tangki, sedangkan mesin dispenser menghitung berapa bensin yang dikeluarkan.
  • Perbedaan lokasi SPBU dan dispenser juga memungkinkan perbedaan ukurannya

Nah dari hasil ini rtb simpulkan bahwa metode full to full yang rtb lakukan untuk uji konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio di percobaan pertama ini gagal. Oleh karena itu rtb masih akan meneruskan prosesnya, pastinya dengan metode lain.

Mas Bro Gan Sob, terimakasih sudah bersedia membaca, semoga informasinya bermanfaat. Jika mas bro gan sob punya usulan metode seperti apa yang bisa rtb lakukan untuk uji konsumsi bahan bakar ini, monggo dishare di kolom komentar ya.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Widget not in any sidebars

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “Uji Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio [Bagian Pertama]

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok