Tiga Bulan Pakai Asus Zenfone Max Pro M1, Rasanya Gimana Sih?

Pakai Asus Zenfone Max Pro M1

Mas Bro Gan Sob, tak terasa rtb sudah tiga bulan menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1, yang rtb dapatkan dalam flashsale pertama yang diadakan di Lazada. Hingga saat ini smartphone tersebut lebih banyak rtb gunakan untuk media sosial, foto dan rekam video. Tiga bulan penggunaan Asus sudah mengeluarkan beberapa kali update, dan terasa update tersebut benar-benar memperbaiki beberapa kelemahan yang ada di Zenfone Max Pro M1. Trus bagaimana pengalaman selama tiga bulan pakai Asus Zenfone Max Pro M1? simak artikelnya sampai habis mas bro gan sob!

Pertama kali pegang unit Asus Zenfone Max Pro M1 ini rtb langsung suka dengan desain, layar lebar, tidak tebal, sudut bodynya elegan dan warnanya yang paling menarik, midnight blue. Namun setelah menyalakannya, agak merasa aneh dengan UI pure andoridnya. Berasa seperti saat rtb mencoba android x86 di PC. Namun sisi baiknya prosesnya ringan dan tidak banyak bloatwarenya.

rtb sedikit kebingungan ketika akan menggunakan smartphone ini untuk melakukan panggilan. Seperti kebiasaan menggunakan android lainnya, rtb biasa membuka phone dialer dengan memilih aplikasi dengan logo telepon dan nantinya dilayar akan terbuka dial pad dan kontak berada di tab lain, namun di Zenfone Max Pro M1 ini ketika kita membuka aplikasi phone dialer, kita langsung ditujukan dengan halaman kontak, dimana kita harus menekan icon bergambar tombol agar bisa masuk ke dialernya. Selain itu halaman list kontak ini hanya bisa untuk melakukan panggilan saja, melalui aplikasi ini kita tidak bisa mengelola (menambah, edit maupun hapus) kontak. Jadi ada aplikasi contact yang digunakan untuk pengelolaan kontak kita.

Begitupula dengan galeri, karena menggunakan OS pure android jadinya yang tersedia adalah google Photos. Namun ini tidak terlalu berbeda dengan aplikasi gallery yang ada di UI android lainnnya. Zenfone Max Pro M1 ini hadir dengan aplikasi kamera yang awalnya dikenal dengan snapdragon camera, dimana fiturnya cenderung standart, bebeda dengan aplikasi kamera yang ada di ZenUi. Dan di awal sebelum adanya update, aplikasi kameranya ini performanya kurang bagus, namun seiring dengan dirilisnya update-update, nampak jika banyak perubahan pada aplikasi kameranya.

Tiga Bulan Pakai Asus Zenfone Max Pro M1, Rasanya Gimana Sih?

Beralih dari desain, OS dan aplikasinya, rtb sedikit bingung saat memfungsikan fingerprint sensor pada smartphone ini. rtb terbiasa melakukan presensi kehadiran dengan fingerprint sensor di tempat kerja, dimana pada saat menempelkan jari ke sensornya harus sedikit dengan tekanan. Namun ternyata berbeda ketika rtb menggunakan di Asus ini, semakin ditekan, ternyata malah membuat hasilnya tidak akurat, jadi cukup disentuh dengan perlahan.

Selain fingerprint sensor untuk keaman, Zenfone Max Pro M1 ini juga sudah mendukung face unlock, alias bisa menggunakan foto wajah kita untuk membuka kunci keamanan, tentunya dengan memanfaatkan kamera depan. Seiring update yang didapat, proses ulocknyapun menjadi semakin lebih baik, awalnya saat pencahayaan minim face unlock hampir tidak bisa berfungsi, namun saat ini sudah bisa, meskipun masih susah.

Permasalahan yang sering terjadi kepada pengguna smartphone touchscreen biasanya tombol powernya gampang rusak karena biasanya untuk membuka kunci atau membangunkan(wake up) dari sleepnya harus menekan tombol power. Nah di Asus Zenfone Max Pro M1 ini selain dengan menekan tombol power wake up bisa dilakukan dengan cara menekan sensor fingerprint maupun dengan ketukan ganda di layar(double tap to wake up), tanpa aplikasi tambahan, alias kita cukup mengaktifkan fiturnya di setting saja. Selain itu untuk menidurkan/sleep atau mematikan displaynya juga bisa menggunakan fitur ketukan ganda(double tap to sleep), dengan fitur ini pastinya akan menambah umur pemakaian tombol powernya.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi cerita rtb setelah tiga bulan pakai Asus Zenfone Max Pro M1, semoga informasinya bermanfaat. Apabila mas bro gan sob ada yg memiliki cerita yang serupa, boleh kok ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah bersedia mampir dan membaca

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “Tiga Bulan Pakai Asus Zenfone Max Pro M1, Rasanya Gimana Sih?”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok