Test Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio Bagian Kedua

Test Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, beberapa waktu lalu mmm, mungkin dua bulanan lalu rtb pernah bercerita mengenai test konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio yang rtb lakukan. Nah di artikel ini rtb mencoba untuk menyampaikan kelanjutan dari hasil test konsumsi bahan bakar tersebut. Oh ya mas bro gan sob, test yang pertama rtb nyatakan gagal, karena kurang akurat, untuk test kali ini rtb yakin hasilnya lebih akurat.

Sebelum lanjut ke hasil testnya, rtb sedikit cerita ya, sebenarnya rtb sudah melakukan persiapan setelah test pertama yang gagal itu untuk segera melakukan uji konsumsi bahan bakar saat rtb ada perjalanan ke Jogja bersama keluarga kecil rtb. Tangki sudah rtb penuhi, rtb minta notanya, rtb foto odometernya, eh gak taunya di perjalanan ke arah jogja di daerah Delanggu, Klaten kabel speedometer Yamaha Scorpio tiba-tiba lepas dan kawat yang ada didalamnya lepas. Alhasil rtb melanjutkan perjalanan dengan kondisi speedometer tidak berfungsi.

Selepas dari perjalanan di Jogja, rtb kembali mencoba untuk melakukan uji konsumsi bahan bakar, jika mas bro gan sob sudah membaca artikel ini, pasti mas bro gan sob tau metode apa yang rtb gunakan. Full to full, merupakan metode yang rtb gunakan untuk melakukan uji konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio milik rtb yang sudah berusia 6 tahun dan mesin OS 50.

Oh ya mas bro gan sob, uji konsumsi bahan bakar ini rtb lakukan dalam pemakaian harian ya, jadi kadang hanya untuk pergi pulang kerja dan kadang rtb gunakan untuk bepergian agak jauh. rtb mengawali proses uji konsumsi tersebut pada tanggal 5 September 2018, rtb mengisi bahan bakar sebanyak 12.65 liter pertamax di pom bensin langganan. Saat itu odometer menunjukkan angka 62068.4 lalu rtb memutar knob tripmeter agar kembali ke angka 0.

Kemudian rtb mengisi bahan bakar lagi pada tanggal 27 September 2018, saat pengisian 12.11 liter pertamax masuk ke tangki Yamaha Scorpio rtb hingga memenuhi, sama ketika rtb melakukan pengisian pada tanggal 5 September. Pada pengisian kedua ini tercatat angka di speedometer menunjukkan angka 62420.6 dan trip meter berada pada angka 352.1.

Nah dari hasil tersebut secara perhitungan rtb sudah menempuh jarak 352.1 Km dan menghabiskan 12.11 liter pertamax, jadi konsumsi bahan bakar Yamaha Scorpio milik rtb terhitung 352.1/12.11 = 29.075 Km/L. Angka ini jauh lebih wajar dibandingkan dengan angka yang rtb dapatkan pada uji konsumsi yang pertama. Namun mungkin metode ini juga masih kurang sempurna, tapi rtb yakin jika ini sudah mendekati hasil aslinya.

Mas Bro Gan Sob pengguna Yamaha Scorpio mungkin bisa menceritakan juga, berapa konsumsi bahan bakar motor mas bro gan sob, silahkan ditulis di kolom komentar, atau boleh dikirimkan ke rtb melalui email agar bisa rtb muat jadi artikel. Atau mungkiin mas bro gan sob punya saran untuk rtb, boleh juga dituliskan di kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

2 thoughts on “Test Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Scorpio Bagian Kedua”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok