2

Pasang Lampu Bulat di Yamaha New Scorpio? Berikut Pilihan Caranya

pasang lampu bulat di Yamaha New Scorpio

Mas Bro Gan Sob, lama ya gak ada tulisan baru di blog ini? he he he, maaf mas bro gan sob rtb lagi sibuk he he he. Nah membuka artikel baru setelah sekian bulan tanpa ada update sama sekali, rtb kali ini akan membahas mengenai cara memasang lampu bulat di Yamaha New Scorpio. Artikel ini akan membahas dua cara yang sudah rtb lakukan dan beberapa ide yang mungkin bisa mas bro gan sob lakukan jika ingin mencoba.

Ide yang muncul saat rtb ingin mengganti headlamp dengan headlamp bulat di Yamaha New Scorpio adalah menggunakan lampu bulat milik Yamaha Vixion lama. Kenapa? alasan pertama, jauh lebih mudah ditemukan. Kedua, kupingan lampu dari Yamaha old Vixion memiliki lubang sein yang cocok dengan bentuk sein New Vixion/New Scorpio, sama-sama memiliki lubang berbentuk segitiga, dan bisa dipastikan plug and play untuk seinnya. Ketiga, sudah banyak yang pasang.

Kenapa harus ganti lampu bulat? simple jawabanya, suka-suka rtb sih, ha ha ha ha. Yak, rtb memang suka mix and match untuk tampilan motor rtb, apalagi kalau mudah pemasangannya dan bisa dikerjakan sendiri, why not. Dan tentunya pertimbangan fungsionalitas dan ubahan paling minim yang selalu menjadi pilihan rtb. Langsung aja ya mas bro gan sob, berikut dua cara yang sudah rtb lakukan untuk memasang lampu bulat di Yamaha New Scorpio milik rtb.

Cara Pasang Lampu Bulat di Yamaha New Scorpio Yang Pertama

rtb menggunakan bracket/dudukan lampu Yamaha Vixion Old plus kupingannya. Plug and Play kah?? jawabannya tidak! yup, hanya 30% plug and playnya. Kenapa hanya 30%? karena yang sesuai hanya lubang baut bracket lampunya. Maksudnya?? yang rtb maksud adalah posisi lubang baut dari bracket lampu Old Vixion ini sama persis dengan posisi lubang baut yang ada di segitiga bawah Yamaha New Scorpio, alias bisa dipasang tanpa harus ubah posisi atau buat dudukan baru. Tapi, bentuk bracketnya berbeda jauh dengan milik New Scorpio.

Tapi tenang mas bro gan sob, tetep bisa dipasang kok. Caranya, mas bro gan sob harus memotong bagian atas dari bracket lampu Vixion ini agar bisa dipasang dengan mudah. Perlu diingat ya mas bro gan sob, rtb selalu mengutamakan fungsionalitas dan minim ubahan untuk mix and match ini. Sehingga rtb memilih cara agar panel di headlamp Yamaha Scorpio tetap bisa berfungsi tanpa perlu banyak ubahan.

Kenapa harus dipotong? karena speedometer Yamaha New Scorpio posisi dudukannya menempel di segitiga atas, sedangkan bracket Old Vixion ini termasuk dudukan speedometernya. Jadi dudukan speedometer inilah yang harus dipotong dari bracketnya. Mas Bro gan sob tinggal milih, potong pakai gergaji besi atau pakai gerinda listrik kalau ada. Dan kalau sudah dipotong tinggal pasang saja ke segitiga bawah Yamaha Scorpio dan tentunya sesuaikan jalur-jalur kabelnya.

Berikut ilustrasi bagian mana yang harus dipotong dari bracket tersebut.

Potong bracket bagian atas, diatas lubang kupingan lampu

Dan untuk hasil akhir memasang lampu bulat di Yamaha New Scorpio Menggunakan bracket old Vixion sebagai berikut

Hasil pemasangan lampu bulat di Yamaha New Scorpio
Cara Pasang Lampu Bulat di Yamaha New Scorpio Yang Kedua

Untuk cara yang kedua, rtb memilih menggunakan bracket lampu dari Yamaha RX-King New. Alasanya kurang lebih sama dengan cara pertama, bentuk lubang dari sein di kupingan lampu Yamaha RX-King New sama dengan bentuk sein Yamaha New Scorpio maupun Yamaha Vixion. Dan tentunya posisi lubang baut dudukannya sama persis dengan posisi lubang dudukan baut di segitiga bawah Yamaha New Scorpio. Dan yang paling utama, bentuk dari bracket lampu RX-King New ini 90% mirip dengan bracket New Scorpio. Sisa 20% yang membedakan adalah bentuk kupingan dan posisi palang tengahnya. Nih rtb tunjukkin di gambar biar lebih jelas

Posisi palang dan kupingan yang berbeda

Dan hasil pemasangan lampu bulat di Yamaha New Scorpio menggunakan bracket lampu RX-King New dengan headlamp Yamaha Old Vixion adalah seperti berikut

Untuk cara kedua ini rtb memotong palang yang ada di tengah bracket lampu Yamaha RX-King New dan memindahnya sesuai dengan posisi palang di bracket lampu New Scorpio. Untuk lainnya hampir semua plug and play dan tidak ada rubahan lagi.

Kesimpulannya

Baik menggunakan bracket lampu Yamaha Old Vixion maupun RX-King New, keduanya membutuhkan perubahan.

Biaya jika menggunakan bracket Yamaha Old Vixion :

  • Bracket : 73.500 , Kupingan : 34.000×2 = 68.000, Total : Rp. 141.500

Biaya jika menggunakan bracket Yamaha RX-King New :

  • Bracket : 124.000, Kupingan : 83.000×2 = 166.000, Total : Rp. 290.000
Ide Lainnya Yang Bisa Dicoba

Ide yang terpikir setelah rtb mencoba kedua cara tersebut adalah dengan menggunakan bracket lampu old Scorpio, kupingan RX-King New dan lampu bulat old Scorpio. Ya ini ide yang sesuai dengan kondisi motor rtb ya, kenapa begitu? Karena rtb sudah menggunakan sein new Vixion dan tidak mau beli sein lain lagi, dan tentunya ini hanya bisa menggunakan kupingan lampu old Vixion atau RX-King New. Dan kupingan old Vixion dan RX-King new ini memiliki lubang baut yang berbeda, sementara kupingan Old Scorpio lebih mirip ke kupingan RX-King New. Dan dari perbandingan harga lampu bulat Old Vixion, Old Scorpio, RX-King New yang paling murah adalah punya Old Scorpio.

Berikut Datanya :

Harga Lampu Bulat (Reflektor, Bohlam & Cover Belakang)

  • Old Scorpio : Rp 449.000
  • RX-King New : Rp. 550.000
  • Old Vixion : Rp. 535.500

Dan biaya total jika menggunakan lampu bulat Old Scorpio, Bracket Old Scorpio dan kupingan RX-King New totalnya Rp. 449.000 + Rp. 75.500 + Rp. 166.000 = Rp. 690.500

Nah Mas Bro Gan Sob, segini dulu artikel baru rtb di tahun 2019 ini, semoga bermanfaat dan semoga rtb bisa berbagi artikel lainnya lagi. Terimakasih sudah bersedia membaca.

Baca Juga :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

2 Comments

  1. terang endi karo lampu ori ne ya om

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok