4

Engine Cut Off Switch, Ada Diharapkan, Ada Tidak Diketahui, Tidak Ada Diharapkan

Mas Bro Gan Sob pengguna motor batangan alias motor laki alias motor sport biasanya pasti sudah familiar dengan keberadaan Engine Cuf Off Switch atau ada yang menyebut stop engine switch maupun kill switch. Yup, saklar, tombol, atau switch ini biasanya ada di stang bagian kanan. Switch ini berfungsi untuk mematikan mesin tanpa harus memutar kunci kontak ke posisi off, teknisnya sih biasanya memutus aliran arus ke CDI atau ke ECU.

Selain untuk mematikan mesin tanpa harus memutar kontak ke posisi off, engine cut off ini biasanya difungsikan untuk mematikan mesin saat kondisi darurat. Misal saat kecelakaan dan motor terjatuh, untuk keamanan dan agar bisa segera mematikan mesin motor.

Umumnya engine cut off switch ini ada di motor laki, tapi tak jarang motor bebek juga sudah mengaplikasikannya. Salah satunya adalah bebek legendaris dari pabrikan Suzuki. Di artikel ini rtb bermaksud bercerita mengenai kejadian yang pernah rtb alami berkaitan dengan engine cut off switch ini. Kejadiannya sudah cukup lama sih, kira-kira saat rtb masih duduk di bangku SMP. Saat itu rtb sedang ke pasar mengantar ibu rtb belanja dan menunggu di parkiran. Di samping rtb ada Suzuki Shogun kebo yang sedang terparkir, iseng-iseng rtb pencet engine cut offnya.

Selang beberapa lama, entah benar pemilik motor tersebut atau hanya orang yang pinjam motor itu datang dan bermaksud menyalakan motornya, namun ternyata dia binggung karena motornya tidak mau menyala mesinnya. rtb jadi kaget, ternyata yang pakai motor itu tidak tahu fungsi dari engine cut off tersebut. Dengan berlagak bego rtb dan merasa bersalah akhirnya rtb mendekat dan basa-basi bertanya, lalu rtb kasih tahu orang itu untuk memencet skalar engine cut off tersebut dan akhirnya mesin mau menyala lagi.

rtb mendekat memang sudah sedikit lama dari kejadian tidak bisa menyalanya motor itu, sampai akhirnya setelah bisa menyala, pemboncengnya dengan nada sewot sedikit ngomel “Wong reti kok yo ora mau-mau ngomong” (Tahu kok ya tidak mau ngasih tahu). rtb sih cuma bisa nyengir dengan sedikit rasa bersalah karena iseng.

Kenyataanya memang tidak semua pengendara motor mengetahui fungsi dari engine cut off ini. Bahkan ada yang tidak tahu sama sekali kalau ada motor yang mempunyai fungsi itu. Tapi ada juga yang merasa kebingungan dan aneh ketika memiliki motor batangan tapi tidak memiliki saklar engine cut off ini.

Lain cerita dengan pengguna Yamaha Scorpio, keberadaan engine cut off ini bisa memberikan hiburan dan keisengan tersendiri. Kenapa?? ya mungkin tidak hanya di Yamaha Scorpio saja sih, bisa jadi terjadi di semua motor batangan yang memiliki engine cut off ini. Backfire, yup dengan menggunakan engine cut off ini bisa membuat kondisi seperti meledak di knalpotnya, mirip-mirip dengan back fire yang terjadi di mobil gitu deh. Dan kalau momentnya pas hasil ledakannya bisa sangat nyaring.

Untuk membuat ledakan ini diperlukan kondisi yang tepat yaitu saat rpm tinggi di gigi rendah, atau simplenya saat engine break. Saat kondisi seperti itu dan engine cut off ditekan dimatikan dan dinyalakan, biasanya ledakan di knalpot akan terjadi, tak jarang tercipta letupan api juga dari lubang knalpot. Tinggal disesuaikan sih dengan kandungan keisengan dimasing-masing, kalau rtb sih hanya kadang-kadang saja iseng melakukan itu 😀

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

4 Comments

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok