9

Gonta Ganti Stang Yamaha Scorpio, Yang Paling Nyaman Mana Sih?

Mas Bro Gan Sob, ngomongin kenyamanan memang relatif dan subjektif, artinya nyaman bagi rtb belum tentu nyaman bagi mas bro gan sob. Sebagai pengguna sepeda motor dan penikmat riding jarak jauh, rtb termasuk orang yang butuh kenyamanan posisi berkendara. Salah satu faktor kenyamanan posisi berkendara alias riding position ini terletak dibagian stang. Baik panjang stang, tinggi stang dan handfat alias busa karet stang. Hal ini juga yang membuat rtb beberapa kali gonta ganti stang Yamaha Scorpio, di artikel ini rtb ingin cerita mengenai pengalaman beberapa kali ganti stang di Yamaha Scorpio milik rtb.

Lha emang posisi standart gak enak to? balik lagi ke pernyataan pertama rtb, kenyamanan itu relatif dan objektif dan menurut rtb masih kurang nyaman dengan posisi stang standart Yamaha Scorpio. Tentunya banyak faktor kan mas bro gan sob, salah satunya postur tubuh dari rtb. Baik itu tinggi badan maupun tingkat ke njemblingan (buncit) perut, hahahaha.

Straigth to the topic! terhitung rtb sudah menggunakan 4 stang berbeda di Yamaha Scorpio milik rtb sejak tahun 2012. Stang Standart, Variasi Merk Protaper KW, Stang Yamaha YT, Stang Yamaha MT 25. Dan mana yang paling nyaman?? semua punya point masing-masing!

Dengan stang standartnya Yamaha Scorpio sudah cukup nyaman digunakan baik untuk harian maupun jarak jauh, posisi ridingnya cenderung santai dan untuk handlingnya pun mudah. Namun bagi rtb masih kurang tinggi dan kurang lincah untuk dipakai manuver. Sehingga pertama kalinya rtb mengganti stang, rtb memilih mencari stang yang lebih tinggi dan lebih panjang. Saat itu rtb menemukan stang protaper KW seharga seratusan ribu, secara sekilas dipandang stang tersebut nampak seperti berbahan alumunium, namun jujur rtb kurang yakin dengan durabilitynya. Pemasangan dan penampakan menggunakan stang abal-abal ini sudah pernah rtb ceritakan di artikel ini. Untuk stang ini memang lebih tinggi dan lebih lebar, nyaman dipakai jarak jauh dan enak dipakai manuver. Tapi ya itu tadi, rtb tidak yakin dengan kualitas dan kekuatannya. Selain itu harus memindahkan jalur kabel kopling, gas dan selang rem agar lebih aman.

Setelah stang abal-abal ini rtb tertarik menggunakan stang Yamaha YT, yang mana dari review dan kata temen-temen pengguna Yamaha Scorpio lainnya stang ini lebih nyaman dan lebih jelas kualitasnya. Ya pastilah lebih terjamin kualitasnya, oem Yamaha gitu. Dan beruntungnya rtb masih bisa mendapatkan stang ini di toko sparepart Yamaha di kota Solo. Dan ternyata benar juga, dengan menggunakan stang Yamaha YT ini lebih nyaman, baik untuk harian maupun untuk jarak jauh. Stang Yamaha YT lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan dengan stang asli Yamaha Scorpio, namun sayanganya tidak ada besi didalam stang ini, sehingga bandul stang tidak bisa dipasang langsung, harus diakali. Selain itu jalur kabel gas, kopling dan selang rem juga harus diatur ulang agar tidak nyangkut.

Setelah beberapa tahun menggunakan stang Yamaha YT akhirnya rtb penasaran untuk mencoba menggunakan stang Yamaha MT 25, sebenartnya sih udah sejak Yamaha MT 25 keluar rtb tertarik, namun saat itu belum tentu sparepartnya langsung ada di bengkel. Baru pada akhir 2017 rtb membeli dan mencobanya . Tapi rtb memadukan stang ini dengan raiser agar tidak terlalu rendah dan tidak mentok tangki. Stang Yamaha MT 25 ini lebih rendah dan sedikit lebih panjang dibandingkan dengan stang asli Yamaha Scorpio. Dengan menggunakan stang ini riding position menjadi lebih membungkuk, digunakan manuver lebih lincah, belok-belok lebih enak. Tapi cukup cepat membuat tangan kram dan pinggang pegel. Jadi stang ini tidak terlalu cocok untuk jarak jauh, namun nyaman untuk harian jarak dekat. Dengan stang ini jalur kabel gas, kopling dan selang rem sangat aman, karena meskipun sudah ditambahi raiser, posisi stang ini tidak terlalu berbeda dengan stang asli yamaha scorpio.

Stang Yamaha MT-25 Di Yamaha Scorpio

Setelah memakai stang Yamaha MT 25 ini rtb lanjut mencoba menggunakan stang asli dipadukan dengan raiser, dan hasilnya memang lebih nyaman, posisi stang lebih tinggi, riding position lebih santai, lebih nyaman dan untuk jarak jauh tidak mudah pegel & kram. Tapi kalau dilihat dari segi tampilan, terlihat sedikit aneh.

Kesimpulannya, ingin nyaman tanpa ribet, cukup pakai stang standart diatur kemiringannya. Sedikit ribet, pakai raiser agar lebih tinggi dan kenyamanan meningkat. Agak ribet, beli stang Yamaha YT, nyaman, manuver enak. Tampil cakep gak nyaman, manuver enak, pakai stang Yamaha MT 25 kombinasi dengan raiser. Trus pilihan rtb saat ini yang mana? Untuk harian rtb memilih menggunakan stang Yamaha MT 25 dikombinasikan dengan raiser dan kalau mau jarak jauh ya diganti pakai stang aslinya. Namun saat ini rtb sudah membeli pivot raiser yang sedikit lebih tinggi dari raiser TAD yg awal rtb pakai saat menggunakan stang Yamaha MT25, selain itu raiser ini bisa diatur kemiringannya.

Bagaimana impresi menggunakan pivot raiser yang bisa diatur kemiringannya dikombinasikan dengan stang Yamaha MT25? tunggu artikel rtb selanjutnya ya! Terimakasih sudah bersedia membaca.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

9 Comments

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok