24/11/2020

rtb.web.id

me, my soul & my ride √√√

Review Microphone Murah Untuk Vlog Riding dengan GoPro Hero 5 & 7

4 min read
Review Microphone Murah Untuk Vlog Riding dengan GoPro

Assalamualaikum teman-teman semua, kali ini rtbwebid akan berbagi pengalaman mengenai pemakaian mic clip on murah untuk ngevlog saat riding dengan action camera GoPro Hero 5 & GoPro Hero 7. Tentunya microphonenya dikombinasikan dengan GoPro Mic Adapter, karena GoPro Hero 5 & 7 tidak memiliki port audio langsung, harus menggunakan converter khusus dari usb type C ke audio jack 3,5 inch.

Ngevlog saat riding memang gampang-gampang susah, kita harus mengatur posisi kamera di helm atau badan rider agar mendapatkan point of view yang pas. Selain itu kita juga harus bisa menghasilkan suara yang bagus. Saat ngevlog sambil riding pastinya kita ingin membuat penikmat video kita bisa menikmati suara kita (voice) dan suara di sekitar kita(motor atau kendaraan lain) saat kita riding .Salah satu usaha untuk menghasilkan kualitas rekaman yang bagus adalah dengan mencoba beberapa merk clip on microphone.

rtbwebid mencoba membeli beberapa tipe mic clip on, dimana semuanya memiliki range harga di bawah dua ratus ribu rupiah, dan yang paling mahal hanya sekitar seratus tujuh puluh ribu rupiah. Beberapa microphone clip on yang sudah rtbwebid coba antara lain :

Dari semua microphone tersebut, berikut rtbwebid paparkan hasilnya,

Boya BY-M1

Clip On microphone Boya BY-M1 ini termasuk merk dan tipe clip on yang memiliki kualitas lumayan untuk recording. Namun ternyata clip on ini kurang cocok untuk digunakan di action camera. Boya BY-M1 ini memiliki konektor TRRS, yang memiliki switch untuk pemilihan penggunaan untuk camera atau untuk smartphone. Untuk sambungan langsung ke GoPro mic adapter tidak ada masalah, tinggal arahkan switchnya ke camera saja langsung bisa dipakai.

Namun mic ini sangat peka terhadap suara, jadi saat nada tinggi membuat hasil rekamanya patah-patah, sehingga mic clip on Boya BY-M1 ini tidak cocok digunakan untuk ngevlog sambil riding. Selain itu, mic ini juga membutuhkan baterai agar bisa digunakan untuk merekam dengan mode camera, dan tidak ada indikatornya jika baterainya mulai lemah, jadi bisa saja membuat kita kelupaan untuk mengecek kondisi baterainya. Selain itu panjang kabel dan adanya switch membuat mic ini susah disembunyikan di helm.

Boya BY-M1

Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone

Ada beberapa tipe mic dengan merk Arimic Ulanzi, namun yang rtbwebid coba adalah Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone yang memiliki panjang kabel kurang lebih 6 meter. Mic clip on ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan clip on lainya, dimana kepala micnya menyerupai mic normal pada umumnya. Arimic Ulanzi Pro ini memiliki konektor TRRS sehingga membutuhkan adapter/converter TRRS to TRS agar bisa digunakan dengan GoPro mic adapter.

Mic ini layak dipertimbangkan untuk digunakan ngevlog saat riding dengan Action Camera GoPro. Kenapa? karena clip on ini bisa menghasilkan rekaman suara yang bagus di GoPro. Voice kita bisa direkam dengan baik dan suara disekitar kita juga bisa masuk ke rekaman. Meskipun kabelnya memiliki panjang 6 meter, namun kabel ini masih sangat mudah untuk disembunyikan di bawah busa helm. Minusnya clip on ini pada nada tinggi rekamanya agak pecah, namun masih bisa ditolerir.

Ulanzi Arimic

Costa Microphone 3.5mm TRRS

Mic clip on ini merupakan clip on yang pertama kali rtbwebid beli, saat itu rtbwebid menggunakan smartphone untuk merekam voice saat ngevlog, karena belum membeli GoPro Mic Adapter. Clip on ini menghasilkan rekaman suara yang lumayan di smartphone, namun entah kenapa saat rtbwebid coba dengan GoPro Mic Adapter clip on ini tidak bisa dipakai. Clip On ini memiliki tipe konektor TRRS, rtbwebid sudah mencoba menggunakan converter TRRS to TRS namun tetap saja tidak bisa digunakan. Kemungkinan mic ini memiliki jenis TRRS yang berbeda, dan butuh converter lagi.

Costa Microphone TRRS

Reccam LV-06 Mic Clip On TRS 3 Pole 3.5mm

Clip On Reccam LV-06 ini memiliki bentuk kepala mic yang sedikit lebih besar dibanding dengan clip on pada umumnya. Clip on ini memiliki tipe konektor TRS yang bisa langsung disambungkan ke GoPro Mic Adapter. Panjang kabelnya sekitar 2 meter, sehingga mudah untuk dipasang di dalam helm.

Clip on ini menghasilkan rekaman yang lumayan di GoPro, namun memiliki kekurangan di kualitas suaranya yang kurang stereo. Maksudnya, hasil rekaman dari clip on ini terasa memiliki volume yang berbeda jika dibandingkan antara channel kiri dan kanan. Dan ini sangat terasa ketika kita mendengarkan suaranya menggunakan headset/earphone.

Reccam LV-06

Microphone Mic Clip On 3.5mm Lavalier

Clip on ini juga layak dipertimbangkan untuk dicoba, kabelnya tidak terlalu panjang, kurang lebih 175 cetimeter. Mudah untuk ditempatkan di dalam helm. Kualitas hasil rekaman lumayan bagus. Tipe konektornya TRS, sehingga bisa langsung digunakan dengan GoPro mic adapter. Namun mungkin clip on yang saya beli ini cacat atau bagaimana, kalau dipakai rekam agak lama ada suara pletak-pletak di hasil rekamanya.

Microphone Mic Clip On 3.5mm Lavalier

Dari sekian clip on yang rtbwebid coba, rtbwebid merekomendasikan Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone & Reccam LV-06 Mic Clip On TRS 3 Pole 3.5mm untuk teman-teman yang ingin mencoba. Harganya tidak terlalu mahal dan mudah digunakan dengan GoPro mic adapter, selain itu hasil rekaman suaranyapun lumayan bagus.

Untuk hasil rekamanya bisa disimak di channel youtube saya rtbwebid

Sekian Review Microphone Murah Untuk Vlog Riding dengan GoPro Hero 5 & 7 dari rtbwebid semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Wassalamualaikum.

Artikel bermanfaat lainnya :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid  ,YouTube Channel :  rtbwebid

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok

%d bloggers like this: