12/04/2021

rtb.web.id

me, my soul & my ride √√√

5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat Sebelum Anda Kecelakaan

3 min read
5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat

5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat Sebelum Anda Kecelakaan

Assalamualaikum teman-teman semua, helm adalah pelindung berkendara yang diletakan di kepala ketika berkendara. Selain untuk melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk menjaga pandangan supaya tetap fokus dari gangguan yang menghalangi saat berkendara.

Sampai saat ini helm adalah peralatan wajib yang harus dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas berkendara, khususnya di kota besar. Sehingga memakai helm menjadi tuntutan untuk bisa berkendara dengan leluasa.

Banyaknya jenis helm yang dijual di pasaran membuat Anda bingung dalam memilih helm yang  tepat sesuai kebutuhan, terutama dalam menentukan helm mana yang bisa membuat Anda tetap aman saat berkendara dan aman jika terjadi kecelakaan.

Artikel ini akan membahas 5 tips memilih helm sepeda motor yang tepat sebelum Anda mengalami kecelakaan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Sesuaikan Helm Sesuai Kebutuhan

Helm yang bagus dianggap sebagai helm yang digunakan sesuai kebutuhan. Artinya bahwa helm tersebut dipilih dengan tepat dan menghindari Anda dari kecelakaan. Sebagai contoh, bila Anda ingin melakukan touring atau melakukan perjalanan hanya di dalam kota dengan menggunakan sepeda motor, maka pilihlah helm yang half face.

Kedua, bila Anda ingin menggunakan sepeda motor dengan tujuan pergi ke tempat yang jauh, maka pilihlah helm yang full face. Hal ini dikarenakan helm full face cenderung lebih aman saat digunakan dan melindungi seluruh bagian kepala Anda.

Memilih helm harus sesuai dengan kebutuhan dengan mengetahui tipe-tipe yang dijual di pasaran.

5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat
Helm Half Face atau Full Face, silahkan sesuaikan
Designed by Freepik

2. Pastikan Helm Bersertifikat SNI

Hal mutlak yang harus Anda perhatikan adalah bahwa pilih helm yang memiliki sertifikat SNI. Helm yang memiliki sertifikat SNI biasanya sudah memiliki keamanan yang sudah terjamin di dalam skala nasional.

Bila Anda meragukan kualitas SNI, Anda juga bisa memilih helm dengan terdapat label DOT atau Snell di dalamnya. Helm dengan label tersebut juga tidak kalah dengan label SNI yang aman dan membuat Anda aman dari kecelakaan saat berkendara dengan sepeda motor. 

3. Pilih Helm yang Berkaca Netral

Memiliki helm yang memiliki kaca cembung atau cekung ternyata dianggap berbahaya saat berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pilihlah helm yang memiliki kaca yang netral di dalamnya.

Kaca netral pada helm mampu dalam memberikan pandangan objek di depan dan di sekeliling pandangan dengan cara yang akurat. Inilah mengapa penting untuk membeli kaca netral pada helm terlepas apapun jenis helm yang akan digunakan. 

Perbandingan Berat Helm Full Face
Helm dengan kaca netral

4. Usahakan Helm Memiliki Strap yang Kuat

Strap pada helm juga patut dipertimbangkan untuk membuat Anda aman saat berkendara. Tali pengikat atau strap dalam helm adalah tali yang bertujuan untuk membuat helm tidak mudah lepas saat Anda berkendara.

Agar Anda aman saat memakai helm, pilih strap yang kuat, tidak mudah lepas dan mudah saat dikunci. Hal lain yang perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai tali pengikat atau strap yang digunakan mencekik Anda dan membuat tidak nyaman saat berkendara. Ini juga bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara dan berbahaya jika dibawa.

Cara Mengikat Helm Double D ring
DD Ring dipercaya lebih aman dari tipe strap yang lain

5. Periksa Helm yang Sejuk saat Dipakai

Helm yang panas juga dapat mengganggu Anda saat berkendara, dan bisa-bisa menyebabkan kecelakaan. Pilihlah helm yang sejuk saat dipakai dengan melihat ketersediaan ventilasi di dalam helm.

Helm dengan ventilasi yang baik biasanya terdapat pada celah-celah yang ada di dalam helm. Celah-celah ini tidak hanya mampu untuk memberikan angin sejuk, tetapi juga memberikan lubang suara agar bisa mendengar suara lain, khususnya bunyi klakson serta kode saat berkendara.

Catatan

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan supaya dapat memilih helm supaya Anda tidak mengalami kecelakaan. Beberapa di antaranya seperti pastikan ukurannya pas di kepala Anda, perhatikan berat helm supaya jangan memilih helm yang terlalu berat, dan pertimbangkan untuk membeli helm dengan merek yang sudah dikenal banyak orang.

Dengan mengikuti keseluruhan tips, setidaknya Anda akan mendapatkan helm terbaik sehingga perjalanan Anda mulus tanpa mengalami kecelakaan. Di balik itu semua, berkendaralah dengan hati-hati, agar Anda tambah mulus dan aman saat berkendara dengan sepeda motor.

Itulah kelima tips dalam memilih helm yang tepat agar aman dan terhindar dari kecelakaan Tetap gunakan helm dan selalu waspada saat berkendara. Selamat mencoba keseluruhan tipsnya!

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid  ,YouTube Channel :  rtbwebid

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok

%d bloggers like this: